Artikel Kesehatan Gigi

 KESEHATAN GIGI DAN MULUT


Gigi dan mulut adalah dua bagian tubuh yang punya banyak fungsi penting dalam kehidupan manusia. Merawat gigi dan mulut tidak hanya akan menunjang kedua bagian tubuh tersebut untuk berfungsi dengan baik, tetapi juga bisa mencegah masalah gigi dan medis. Mulai dari membersihkan gigi dengan benar sampai mengendalikan penyakit bawaan, ada banyak cara yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.



Cara Menjaga Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat


1.     

1.     Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Produk pasta gigi yang  dipilih, pastikan mengandung fluoride. Hal itu karena fluoride adalah pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Kandungan ini mampu melawan kuman yang bisa menyebabkan pembusukan, serta memberikan penghalang pelindung untuk gigi.

2.     Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menyikat gigi sebaiknya jangan terburu-buru. Luangkan waktu dua menit untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Sikat gigi dengan lembut dengan gerakan melingkar bolak-balik untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan gingivitis. Sikat bagian luar, dalam, dan permukaan gigi yang sering digunakan untuk mengunyah.

3.     Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

membersihkan lidah dengan sikat gigi atau pembersih lidah. Pasalnya, plak juga bisa menumpuk di lidah. Lidah yang kotor dapat menyebabkan bau mulut dan masalah mulut lainnya.

4.     Berkumur dengan Obat Kumur

Obat kumur juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cairan tersebut bekerja dalam tiga cara, yaitu mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit disikat di dalam dan sekitar gusi, dan mengembalikan mineralisasi gigi.

5.     Kunjungi Dokter Gigi 6 Bulan Sekali

Selain menjaga kesehatan gigi sendiri, tetap perlu mengunjungi dokter gigi minimal dua kali dalam setahun. Dokter gigi tidak hanya bisa menghilangkan karang gigi dan mencari gigi berlubang, tapi juga menemukan masalah potensial dan memberikan solusi perawatan.

6.     Mengkonsumsi makanan yang berair dan berserat

Sayuran yang berserat dan mengandung air yang bersifat membersihkan karena harus dikunyah dan dan dapat merangsang saliva.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil

Hobi